Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengembangan Alat Water Treatment Menggunakan Metode Elektrokoagulasi Bersumber Energi Surya untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Elektrokimia


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja alat water treatment dengan metode elektrokoagulasi untuk memperbaiki kualitas air agar sesuai dengan standar air baku menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017. Penelitian ini memvariasikan tegangan (voltase), yaitu 15, 20, dan 25 volt. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 sampai 27 Mei 2021 di Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakrta. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah perbandingan hasil pengujian dengan standar air baku. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sebelum dan setelah dilakukannya penjernihan air. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin besar tegagangan maka semakin besar juga penurunan nilai parameter yang diuji. Hasil pengujian memenuhi standar air baku berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017, standar Total Disolved Solid (TDS) sebesar 2000 NTU, turbidity sebesar 21,9 ppm, dan pH sebesar 6 - 9.
Kata kunci : Elektrokoagulasi tenaga surya, tegangan, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017.

LOADING LIST...
bernendihernandes56@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Drs. Suparman, MM - Personal Name
Bernendi Harnandes - Personal Name
082293005906
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...