Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM PUPUK KANDANG DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI MAIN NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi pertumbuhan dengan pemberian macam pupuk kandang dan volume penyiraman di Main Nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo dari bulan Februari sampai Mei 2022.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu macam pupuk yang terdiri dari pupuk NPK, NPK+pupuk guano dan NPK+pupuk kascing. Faktor kedua volume penyiraman dengan 3 aras yaitu 1 liter, 1.5, dan 2 liter. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan 3 ulangan, sehingga dibutuhkan 27 bibit kelapa sawit di Main Nursery.
Berdasarkan hasil analisis terjadi interaksi nyata antara macam pupuk kandang dan volume penyiraman terhadap pertambahan tinggi bibit, jumlah daun, berat kering tajuk, berat kering akar dan berat kering bibit. Kemudian perlakuan dengan volume penyiraman 2 liter berpengaruh baik pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di Main Nursery. Penambahan pupuk guano dengan volume penyiraman 2 liter lebih baik daripada pupuk kascing pada kombinasi perlakuan yang sama. Pemberian air dengan volume penyiraman 1.5 liter sudah dapat meningkatkan pertumbuhan baik di kombinasikan dengan pupuk NPK, guano maupun kascing.

Kata kunci: pupuk guano, pupuk kascing, kelapa sawit, volume penyiraman, Main Nursery.

LOADING LIST...
adjahromi99@gmail.com
082386228828
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...