NAIMUL AMALI MANGUNSONG; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN EKONOMI SISTEM PENGANGKUTAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) DI PT. BAKRIE SUMATERA PLANTATION KABUPATEN ASAHAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rincian biaya pengangkutan dan mengetahui bagaimana efisiensi penggunaan dump truck perusahaan dan dump truck koprasi dalam pengangkutan tandan buah segar (TBS) di PT. Bakrie Sumatera Plantations Tbk. khususnya di Gurach Batu Estate.
Metode yang diggunakan dalam penentuan sampel yaitu metode teknik sampling jenuh (sensus). Metode sensus adalah metode penentuan sampel yang mengambil seluruh populasi. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan mengumpulkan informasi berupa data dari perusahaan dan koperasi pada divisi tiga yang telah ditentukan sebagai sampel penelitian yang ada dilapangan di PT. Bakrie Sumatra Plantation.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan dump truck koperasi lebih efisien dibandingkan penggunaan dump truck milik perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata biaya angkut pada dump truck perusahaan dengan pengeluaran sebesar Rp.16.982.210 /bulannya sedangkan pengeluaran rata-rata biaya angkut pada penggunaan dump truck koperasi hanya menghabiskan Rp. 15.004.174 /bulan dan memiliki selisih biaya sebesar Rp. 1.978.036 /bulannta. Pengangkutan menggunakan dump truck koperasi lebih efisien sebesar 11,64% dari segi biaya angkut. Untuk itu perusahaan dapat melanjutkan atau memperpanjang hubungan kerja sama kepada pihak koperasi.
Kata Kunci : Efisiensi, Pengangkutan, Tandan Buah Segar

LOADING LIST...
naimulamali@gmail.com
081362454240
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...