Febri Nur Hidayat; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

USAHA KOPERASI UNIT DESA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PETANI KELAPA SAWIT DI DESA SEDYO MULYO KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja usaha koperasi unit desa dalam menigkatkan ekonomi petani kelapa sawit di Desa Sedyo Mulyo Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir, serta untuk mengetahui apa saja peran usaha koperasi unit desa dalam meningkatkan ekonomi petani kelapa sawit di Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir dan untuk mengetahui kendala apa saja yang di hadapi oleh koperasi unit desa dalam meningkatkan ekonomi petani kelapa sawit di Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir .
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, Sampel penelitian 30 petani. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pencatatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha koperasi unit desa dalam mengikatkan ekonomi petani kelapa sawit meliputi usaha simpan pinjam, pemasaran produksi kelapa sawit, jasa transportasi produksi kelapa sawit, pengadaan barang dan jasa (waserda). Peran dalam meningkatkan ekonomi besar, peran KUD dalam simpan pinjam 50%, peran dalam pemasaran produksi kelapa sawit 100%, peran dalam angkutan produksi kelapa sawit dari petani 100%, serta peran dalam dalam pengadaan barang dan jasa (waserda) meliputi kebutuhan sembako 72,47% dan kebutuhan pupuk petani 100%.

Kata Kunci: Usaha KUD, Ekonomi Petani, Kelapa sawit.
LOADING LIST...
Febri Nur Hidayat - Personal Name
Istiti Purwandari, SP,. MP - Personal Name
Ir, Listiyani, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER YOGYAKARTA
2022
yogyakarta
LOADING LIST...