Ir. Etty Rosa Setyowati, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MEDIA TANAM DAN JUMLAH RUAS TERHADAP PERTUMBUHAN STEK Mucuna brateata


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media tanam dan jumlah ruas terhadap pertumbuhan stek Mucuna bactreata dan untuk mengetahui interaksi antara komposisi media tanam dan jumlah ruas terhadap pertumbuhan stek Mucuna bracteata.
Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan faktorial yang terdiri dari dua faktor dan di susun dalam Rancangan Ancak Lengkap (RAL) dengan enam ulangan. Faktor pertama adalah komposisi media tanam (M) yang terdiri dari tiga aras yaitu campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan M0 = 1:0, M1 = 1:1, M2 = 2:1. Faktor kedua adalah jumlah ruas (P) yang terdiri dari 3 aras perlakuan yaitu: P0 = stek ruas ke 4, P1 = stek ruas ke 4, dan 5 , P2 = stek ruas ke 4,5, dan 6
Hasil penelitian menunjukkan komposisi media tanam 1:1 tidak berbeda nyata dengan 2:1 terhadap pertumbuhan stek Mucuna bracteate. Jumllah ruas ke 4,5, dan 6 memberikan hasil terbaik pada semua parameter pertumbuhan stek Mucuna bracteata. Tidak terjadi interaksi antara komposisi media tanam dan jumlah ruas terhadap pertumbuhan stek Mucuna bracteata.
LOADING LIST...
mr.alifsugengwardoyo@gmail.com
082284794538
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...