Ir. Abdul Mu'in, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BERBAGAI APLIKASI HERBISIDA TRIKOPLIR DAN CARA APLIKASI UNTUK MENGENDALIKAN GULMA BERKAYU Hevea brasiliensis DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


INTISARI
Gulma berkayu merupakan gulma yang batangnya membentuk cabang-cabang sekunder. Gulma berkayu menjadi masalah di perkebunan, kehutanan, saluran pengairan dan padang pengembalaan, karena akan menimbulkan persaingan dengan tanaman pokok dalam perebutan unsur hara, maka dibutuhkan pengendalian secara manual. Penelitian ini berjudul Pengaruh Berbagai Konsentrasi Herbisida Triklopir Dan Cara Aplikasi Untuk Mengendalikan Gulma Berkayu Hevea brasiliensis Di Perkebunan Kelapa Sawit, yang dilaksanakan di Desa Danau Biali, Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu.
penelitian ini yaitu percobaan faktorial yang diatur dalam Completely Randomized Design (CRD) yang terdiri dari dua faktor dengan tiga kali ulangan. Faktor pertama adalah cara aplikasi yang terdiri dari 3 aras yaitu : dioles secara langsung pada permukaan kulit 10 cm dari pangkal batang (Aplikasi 1),dioles pada permukaan kulit yang telah dikelupas 10 cm dari pangkal batang (Aplikasi 2), dioles pada permukaaan batang yang telah dipotong 10 cm dari pangkal batang (Aplikasi 3).
Faktor kedua adalah konsentrasi hebisida trikoplir yang terdiri dari 3 aras yaitu : 0,14 gram (Konsentrasi 1), 0,07 gram (Konsentrasi 2), 0,035 gram (Konsentrasi 3). Dari kedua faktor diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing - masing perlakuan dibuat 3 ulangan. Jumlah tumbuhan Hevea brasiliensis yang diperlukan sebagai sampel penelitian adalah : 9 x 3 ulangan x 2 tumbuhan sampel = 54 gulma .
Hasil analisis berbagai konsentrasi herbisida Trikoplir dan cara aplikasi untuk mengendalikan gulma berkayu Hevea brasiliensis di perkebunan kelapa sawit menunjukkan bahwa terjadi interaksi nyata dan hasil pengamatan tidak menunjukkan antar kombinasi perlakuan. Pada pengamatan ini aplikasi yang paling efisien dalam pengerjaan nya yaitu aplikasi dioles secara langsung pada permukaan kulit.
Pada pengamatan minggu keempat dengan berbagai konsentrasi herbisida 0,14 gram + 100 ml solar , konsentrasi 0,07 gram + 100 ml solar, maupun konsentrasi 0,035 gram + 100 ml solar, dengan berbagai cara aplikasi menunjukkan gulma tersebut telah mati dan tidak menunjukkan gulma tumbuh kembali.



Kata kuci : Gulma berkayu, Cara aplikasi, Hasil analisis.

LOADING LIST...
irvansetiadi577@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP. (P) - Personal Name
IRVAN SETIADI - Personal Name
Dr.Ir.Herry Wiranata,MS. - Personal Name
082246204756
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...