Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP TEKNOLOGI INDUSTRI 4.0 DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT BERDASARKAN PERSEPSI GEN Z MELALUI PENDEKATAN DESKRIPTIF KUANTITATIF


Saat ini industri dan perkebunan kepala sawit beralir kepada Industri Kelapa Sawit 4.0. Generasi Z yang ke depan akan memainkan peran penting dalam dunia industri, termasuk dalam industri dan perkebunan kepala sawit. Akan tetapi, perkembangan teknologi tidak sejalan dengan peningkatkan pengetahuan generasi Z terhadap kebutuhan industri di perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan terhadap teknologi industri 4.0 di perkebunan kelapa sawit berdasarkan persepsi generasi Z.
Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Besar sampel pada penelitian ini adalah 160 responden. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif dengan desain univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi Z menguasai Internet of Things dan setuju Smartphone digunakan untuk menghitung jumlah TBS. Selain itu, generasi Z juga setuju bahwa Autonomous tractor, pekerjaan pengolahan tanah, penanaman, hingga angkut TBS dapat dilakukan secara cepat dan dikendalikan jarak jauh. Generasi Z juga setuju bahwa teknologi infrared memudahkan sortasi (pemilahan) saat panen; Sensor untuk pengendalian hama lebih tepat. Generasi Z setuju bahwa faktor penghambat mempelajari Teknologi 4.0 pada perkebunan kelapa sawit adalah: sarana belajar yang kurang; minim bimbingan dari pengajar; kurang materi/bahan kuliah; sulit manajemen waktu; dan kurangnya pengalaman. Generasi Z sangat setuju bahwa perlunya ada Bimbingan dari Pengajar; Sarana pendukung seperti praktikum, dan peralatan penunjang; Belajar Digital Marketing; Membutuhkan bahan atau materi kuliah; Kesempatan menggunakan tools atau peralatan.
LOADING LIST...
arifmanurung24@gmail.com
081213443655
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...