Fariha Wilisiani, S.Si, M.Biotech, Ph.D.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFIKASI Bacillus thuringiensis var. Kurstaki DAN Bacillus thuringiensis var. Aizawai DENGAN WAKTU APLIKASI BERBEDA UNTUK MENGENDALIKAN HAMA ULAT KANTONG DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Bacillus thuringiensis var. Kurstaki dan Bacillus thuringiensis var. Aizawai untuk pengendalian hama ulat kantong dan untuk mengetahui waktu aplikasi yang tepat dalam penggunaan Bacillus thuringiensis var. Kurstaki dan Bacillus thuringiensis var. Aizawai untuk mengendalikan hama ulat kantong. Penelitian ini dilaksanakan di PT. INTI INDOSAWIT SUBUR (IIS) , Kebun Simpang Perak (KSP) , Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, pada bulan Desember 2021 - Januari 2022.
Penelitian ini dilakukan dengan metode percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor Pertama adalah varietas B. thuringiensis yang terdiri dari B. thuringiensis var. Kurstaki (BTK) dan B. thuringiensis var. Aizawai (BTA). Faktor Kedua adalah waktu pengaplikasian BTK Pagi (BTK 1), BTK Siang (BTK 2), BTK Sore (BTK 3), dan BTA Pagi (BTA 1), BTA Siang (BTA 2), BTA Sore (BTA 3) yang masing-masing terdiri dari 5 ulangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi Bacillus thuringiensis var. Kurstaki dan Bacillus thuringiensis var. Aizawai, dan juga ketiga waktu aplikasi, memiliki tingkat efektifitas yang sama, dikarenakan sudah dapat menyebabkan kematian seluruh larva pada waktu 7 HSA.

Kata kunci : Bacillus thuringiensis var. Kurstaki, Bacillus thuringiensis var.Aizawai, waktu aplikasi, ulat kantong.

LOADING LIST...
fikrigunawan1105@gmail.com
082294538098
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...