Dian Pratama Putra, SP, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KEDALAMAN MUKA AIR TANAH YANG BERBEDA DAN TINGKAT KEMATANGAN TANAH GAMBUT TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT (Elais guineensis) PT PRODUK SAWITINDO JAMBI (MAKIN GROUP)


INTISARI
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kedalaman muka air tanah dan tingkat kematangan tanah gambut terhadap produksi tanaman kelapa sawit di di PT Produk Sawitindo Jambi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni- Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan metode survei pendahuluan dan survei utama. Survei pendahuluan bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan gambut pada sampel penelitian dan pada survei utama dilakukan pengambilan data sekunder berupa data Curah Hujan tahunan, Water Table Tahunan dan data Produksi dari tahun 2017-2021. Data sekunder kemudian di uji Regresi Linear dan Polynomial dengan tingkat kematangan tanah gambut yang berbeda (Saprih, Hemik, dan Fibrik).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata atau non-signifikan antara Curah Hujan dan Water Table tahunan terhadap Produktivitas kelapa sawit di PT Produk Sawitindo Jambi karena penerapan water resource management yang baik dan Water Tabel pada kisaran 30-60 cm/thn pada tingkat kematangan yang berbeda. Dan hasil analisis antara Water Table terhadap Produktivitas kelapa sawit 5 tahun terakhir menunjukan Adanya pengaruh nyata atau korelasi yang singifikan antar Water Table dan Produksi tanaman kelapa sawit dengan penerapan water resource management yang baik pada kisaran Water Table 30-60 cm/thn dan didapat Produktivitas tertinggi yaitu 67,222 Ton/ha/th untuk keseluruhan blok yang di amati dengan tingkat kematangan tanah gambut (Saprik, Hemik, dan Fibrik).
Kata Kunci: Curah Hujan, Water Table, Tingkat Kematangan Tanah Gambut dan Produktivitas.
LOADING LIST...
theodorus17iko@gmail.com
085157087990
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
YOGYKARTA
LOADING LIST...