Ir. Neny Andayani, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PRODUKTIVITAS TANAMAN KELPA SAWIT DI LAHAN LEMPUNGAN DAN LAHAN PASIRAN


Penelitan yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan produksi kelapa sawit di lahan lempungan dan di lahan pasiran, mengetahui faktor-faktor tehadap pengaruh produksi kelapa sawit di lahan lempungan dan di lahan pasiran, dan untuk mengetahui kondisi tanaman kelapa sawit saat ini. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai bulan Oktober 2021 di PT. Borneo Ketapang Indah yang terletak di Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survey, yang meliputi survey pendahuluan (Observasi) dan survey utama (Agronomi). Dari lokasi penelitian diambil data primer dan data sekunder guna mendukung pengamatan dan penyusunan data. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan Uji t untuk membandingkan tingkat produktivitas tanaman kelapa sawit pada tanah lempungan dan tanah pasiran yang telah dilakukan pengambilan sampel.
Produktivitas kelapa sawit di lahan lempungan dan lahan pasiran pada tahun 2017 sampai 2018 menunjukkan tidak berbeda nyata, sedangkan produksi kelapa sawit tahun 2019 dan 2020 menunjukkan ada perbedaan nyata pada lahan pasiran produksinya lebih tinggi dibandingkan lahan lempungan. Tingginya produksi pada lahan pasiran didukung oleh jumlah janjang dan BJR yang lebih tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya produksi di lahan pasiran adalah pengelolaan yang baik yang meliputi : pembutan parit drainase, pemberian pupuk dengan dosis yang lebih tinggi, pemberian bahan organik berupa jankos, dan dibuat rorak. Karakter agronomi yang meliputi panjang pelepah dan jumlah bunga betina menunjukan perbedaan nyata. Pada lahan pasiran menunjukan rerata yang lebih tinggi.

LOADING LIST...
mogeyyunus21@gmail.com
Ir. Neny Andayani, MP (P) - Personal Name
Ir. Enny Rahayu, MP - Personal Name
Mogey Yunus - Personal Name
082256444209
NONE
Text
INSTPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...