Arum Ambarsari, S.P., M.P; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MANAJEMEN PENGADAAN BAHAN BAKU TEBU DI PABRIK GULA MADUKISMO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


INTISARI

Penelitian bertujuan untuk mengetahui manajemen pengadaan bahan baku tebu dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam memnuhi pengadaan bahan baku tebu di Pabrik Gula Madukismo Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penentuan lokasi ditentukan secara sengaja. Metode analisis data yang digunakan adalah anasilis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan mekanisme yang dilakukan dalam pengadaan bahan baku tebu yaitu melalui: kapasitas pabrik, luas areal tanam, jadwal tanam, dan jadwal tebang. Penanaman tebu dilakukan secara bertahap dimulai dari bulan Mei hingga Desember melalui perkebunan kemitraan dan perkebunan rakyat. Pemanenan dan pengiriman bahan baku tebu ke pabrik gula Madukismo dilakukan secara bertahap agar tidak terjadi penumpukan bahan baku. Penjadwalan tebang dilakukan sesuai dengan jadwal panen dikarenakan masa panen tebu adalah 12 bulan. Kelebihan bahan baku tebu di pabrik gula Madukismo akan diproses di hari berikutnya. Kendala yang mempengaruhi pengadaan bahan baku tebu dipabrik gula Madukismo yaitu tenaga tebang, transportasi dan pandemi covid 19 dimana pandemi mengakibatkan kesulitan dalam penyediaan tenaga panen sehingga ketersediaan bahan baku terlambat datang ke pabrik gula pada tahun 2020 dan 2021.

Kata Kunci: Pengadaan Bahan Baku Tebu, Kendala Bahan Baku

LOADING LIST...
yuda.suryawan4@gmail.com
Arum Ambarsari, S.P., M.P - Personal Name
Dr.Ir.Danang Manumono, MS (p) - Personal Name
yuda suryawan - Personal Name
085156976187
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...