Yahya Ibnu Shina; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Rancang Bangun Alat Ukur Sistem Monitoring Dan Kontroling Tinggi Permukaan Air Menggunakan Sensor Dan Mikrokontroler


Sering terjadinya bencana banjir yang disebabkan luapan dari air sungai menandakan kurangnya pengawasan terhadap aktifitas ketinggian air, padahal dampak yang ditimbulkan dari banjir tersebut sangat merugikan masyarakat. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemantauan aktifitas air secara real time yang setidaknya dapat memberikan peringatan dini sebelum terjadinya banjir. maka dibutuhkan suatu usaha yang dapat memonitoring dan mengontrol kapasitas air, salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan merancang suatu alat yang dapat memonitoring dan mengontrol tinggi air menggunakan sensor dan mikrokontroler.
Cara kerja alat ini yaitu sensor SRF 05 yang digunakan sebagai pendeteksi jarak tinggi permukaan air mengirimkan sinyal ke mikrokontroler Arduino uno lalu datanya diolah untuk di tampilkan ke LCD, sistem ini juga mempunyai tanda peringatan berupa lampu indikator yang menandakan ketinggian air. Ada tiga level ketinggian aktifitas air pada sistem ini, yaitu pada ketinggian level 1 ditandai Led berwarna hijau lalu pada level 2 Led akan berwarna biru kemudian disaat level 3 maka Led akan berwarna merah, LED yang terkoneksi dengan buzzer akan memberikan peringatan berupa sirine bahwa aktifitas air sudah berada pada level tertinggi dan Relay menjadi hidup dengan berwarna merah.
Rancang bangun alat ukur sistem monitoring dan kontroling tinggi permukaan air menggunakan sensor dan mikrokontroler telah berhasil dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan alat pemantau aktifitas air secara real time berbasis mikrokontroler. Hasil kalibrasi terlihat bahwa sensor SRF 05 memiliki akurasi rata-rata alat ukur ketinggian permukaan air sebesar 99,67 % dan memiliki rata-rata eror relatif sebesar 0,33 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan alat monitoring dan kontroling yang dibuat telah bekerja dengan baik sebagai sistem monitoring dan kontroling tinggi permukaan air menggunakan mikrokontroler Arduino Uno.

Kata Kunci : Arduino Uno, SRF 05, LED, LCD 16x2, Buzzer, Relay.

LOADING LIST...
yahyaibnushn@gmail.com
Yahya Ibnu Shina - Personal Name
Ir. Eka Suhartanto, M.Si (P) - Personal Name
Drs. Suparman, M.M - Personal Name
082326326677
NONE
Text
INSTIPER
2022
Yogyajarta
LOADING LIST...