Robintang Simanjuntak; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DAUN TALAS SEBAGAI PUPUK HIJAU PADA BEBERAPA DOSIS DAN LAMA DEKOMPOSISI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI PRE NURSERY DI TANAH PASIR PANTAI


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan daun talas sebagai pupuk hijau pada beberapa dosis dan lama dekomposisi yang terbaik bagi pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilakukan di kebun pendidikan dan penelitian (KP2) kebun Kalikuning , Maguwoharjo dan Laboratorium sentral maguwoharjo, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta .yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Juni 2021.
Penelitian ini merupakan percobaan factorial dengan metode rancangan acak lengkap yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama yaitu perlakuan dosis pupuk hijau daun talas (20%, 40% dan 60%) dan faktor kedua yaitu dekomposisi (3 hari, 6 hari dan 9 hari) selain itu terdapat perlakuan kontrol yang diberikan pupuk NPK 3 gram/tanaman sehingga total kombinasi 10 perlakuan .perlakuan diulang sebanyak 4 kali ulangan sehingga jumlah keseluruhan 40 bibit.Hasil pengamatan di analisis dengan sidik ragam (analisis of variance ) 5% untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan di gunakan uji DMRT pada jenjang nyata 5% . Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi nyata antara perlakuan dosis dengan lama dekomposisi pupuk hijau daun talas terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit.
Kata kunci :pupuk hijau daun talas, dosis , dekomposisi, pasir pantai
LOADING LIST...
simanjuntakrobintang89@gmail.com
Robintang Simanjuntak - Personal Name
Ety Rosa Setyawati, M.Sc. - Personal Name
Enny Rahayu, MP. - Personal Name
081225603363
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...