Ir. Sri Manu Rohmiyati M.Sc (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Macam Pupuk Hijau dan Dosis Abu Boiler Pada Tanah Podsolik Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre-nursery


INTISARI
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam pupuk hijau dan dosis abu boiler terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery pada tanah podsolik telah dilakukan di Desa Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara pada bulan Mei sampai Juli 2021.
Penelitian menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu macam pupuk hijau yag terdiri dari 3 macam yaitu tanaman Azolla pinnata Mucuna bracteata, dan Eichhornia crassipes. Faktor yang kedua yaitu dosis abu boiler yang terdiri dari 5 aras yaitu: 0g, 2g, 4g, 6g dan 8g/polibag. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Perlakuan yangberpengaruh nyata diuji lanjut dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara macam pupuk hijau dan dosis abu boiler terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk hijau tanaman Mucuna bracteata dan Eicchornia crassipes sebagai campuran media tanam pada tanah podsolik memberikan pengaruh yang sama dan lebih baik dibandingkan pupuk hijau tanaman Azolla pinnata, Pemberian berbagai dosis abu boiler mampu meningkatkan pH tanah, abu boiler dosis 4g/polybag memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : pupuk hijau, abu boiler, bibit, kelapa sawit, Pre nursery.



LOADING LIST...
nathanael090718@gmail.com
082373797392
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...