Ir. YT. Seno Ajar Yomo, M.P.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KALIBRASI ALAT SEMPROT "ELECTRIC HAND SPRAYER" UNTUK MENGHASILKAN EFISIENSI KINERJA PENYEMPROTAN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


ABSTRAK
Alat penyemprot (sprayer) adalah alat/mesin yang berfungsi untuk memecah suatu cairan, larutan, atau suspensi menjadi butiran cairan (droplets). Sprayer merupakan alat aplikator pestisida yang sangat diperlukan dalam rangka pengendalian hama dan penyakit tanaman dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1luasan hasil penyemprotan dan lama waktu yang dibutuhkan, 2besaran biaya yang dibutuhkan dalam penyemprotan lahan.
Metode pengumpulan data dalam suatu kegiatan penelitian sangatlah penting kerena berkaitan dengan tersedianya data yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan dan tujuan dalam penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen terhadap kedua alat semprot sprayer, observasi lapangan, pengumpulan data, dan informasi melalui wawancara karyawan di perusahaan.
Berdasarkan hasil uji lapangan dan analisis kalibrasi dua jenis alat semprot sprayer manual dan electric menunjukkan hasil jumlah cairan yang dikeluarkan sprayer manual sebesar 12,57 ml/detik, sedangkan pada sprayer elektrik sebesar 7,53 ml/detik. Biaya operasi per hektar sprayer elektrik lebih mahal sebesar Rp9.878,50 (80,01%) dibandingkan sprayer manual.
Untuk waktu semprot per pokok pada sprayer manual adalah 17,67 detik/pk, sehingga waktu semprot per 20 pokok adalah 5,89 menit/20pk. Sedangkan waktu semprot per pokok pada sprayer elektrik adalah 29,51 detik/pk, sehingga waktu semprot per 20 pokok adalah 9,84 menit/20pk.

LOADING LIST...
candrawahyudi98jogja@gmail.com
Ir. YT. Seno Ajar Yomo, M.P. - Personal Name
Candra Wahyudi - Personal Name
Ir. Priyambada, M.P. (P) - Personal Name
081225806329
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...