Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

OPTIMASI TEMPERATURE DAN RETENTION TIME PADA CRUDE OIL TANK TERHADAP MUTU MINYAK CPO DI PABRIK KELAPA SAWIT PT. BISMA DHARMA KENCANA


Crude Oil Tank (COT) merupakan tempat mengendapnya partikel-partikel yang tidak larut dan lolos dari ayakan getar (vibrating screen). Fungsi utamanya Crude Oil Tank ialah tempat penampungan minyak sementara dari ayakan sebelum dipompakan pada Continous Setting Tank (COT). Tangki crude oil tank (COT) pada PT. Bisma Dharma Kencana ini memiliki kapasitas 10,51 ton/jam dengan ukuran volume 12 m3 dengan massa balance crude oil 64% dan suhu umpan yang diberikan 850C dan retention time 24 menit, dapat dikatakan bahwa retention time minyak relative singkat sehingga lebih berfungsi untuk mengendapkan partikel besar saja. Sedangkan untuk memisahkan partikel halus kurang berhasil.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suhu yang optimal untuk digunakan pada COT (Crude Oil Tank), dan untuk memperoleh lama waktu pengendapan yang efektif untuk digunakan agar mutu minyak memenuhi standar. Penelitian dimulai dengan pengambilan sampel pada keluaran vibratting screen untuk menganalisis komposisi minyak(%), air(%), emulsi(%), dan sludge(%) menggunakan alat centrifuge dengan putaran 2000 rpm, dan sampel kedua dari keluaran COT (Crude Oil Tank) dengan menganalisis mutu minyak CPO yaitu; kadar asam lemak bebas (%), kadar air (%), dan kadar kotoran (%) dengan metode variasi suhu (800C, 850C, 900C, dan 950C) dan lama waktu pengendapan (20 menit, 30 menit, 40 menit, dan 50 menit).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pemberian suhu dan lama waktuu pengendapan yang berbeda-beda didapatkan hasil yang optimum berdasarkan rerata yang baik di penggunaan suhu yang optimal yaitu 900C dengan lama waktu pengendapan yang efektif yaitu 20 menit. maka diperoleh hasil FFA sebesar 4,88%, kadar air 0,19%, dan kadar kotoran sebesar 0,020%, dengan standar mutu minyak CPO pada PT. Bisma Dharma Kencana FFA (5,0%), kadar air (0,20%), dan kadar kotoran (0,020%).

LOADING LIST...
putrasimon36@gmail.com
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P) - Personal Name
Kuni Faizah, S.Si, M.Sc - Personal Name
Simon sil sewa - Personal Name
081216894939
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...