Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN SERABUT (FIBER) DALAM PEMBUATAN POLYBAG ORGANIK


Polybag plastik sangat banyak digunakan untuk pembibitan tanaman kelapa sawit, penggunaan polybag plastik yang banyak berpotensi mencemari lingkungan karena limbah plastik sulit terurai. Maka dari itu perlu adanya alternatif pengganti polybag plastik menjadi polybag berbahan dasar organik. Tandan Kosong kelapa Sawit (TKKS) dan serabut (Fiber) merupakan limbah padat dari hasil olahan pabrik kelapa sawit dengan jumlah yang sangat banyak dan mudah untuk terdekomposisi oleh mikroba tanah sehingga dapat dijadikan bahan dasar pembuatan polybag organik.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat polybag berbahan dasar tankos dan fiber sebagai pengganti polybag plastik dengan variasi penambahan tepung tapioka sebagai bahan perekat. Metode yang digunakan yaitu dengan cara di press menggunakan alat cetakan yang dibakar diatas tungku pembakaran selama 3 menit dengan variasi 3 perlakuan yang berbeda yaitu K1 (spray 500 ml air + tepung tapioka 10 gr), K2 (spray 500 ml air + tepung tapioka 30 gr), K3 (spray 500 ml air + tepung tapioka 50 gr).
Hasil penelitian menunjukkan polybag organik dengan komposisi tankos 42,9%, fiber 42,9%, dan tepung tapioka 14,2% memiliki kekuatan terhadap beban dan benturan terbaik dengan ketahanan terhadap beban maksimal 10 kg dan ketahanan terhadap benturan maksimal 5 meter. Selain itu polybag organik dengan komposisi tankos 42,9%, fiber 42,9%, dan tepung tapioka 14,2% memiliki kualitas fisik polybag terbaik terhadap pH, daya serap, kadar air, dan rasio C/N dengan nilai pH 5,72, daya serap 60%, kadar air 9%, dan rasio C/N 77%.
LOADING LIST...
alankarvinaldi@gmail.com
081365753523
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...