Rengga Arnalis Renjani, S.TP, M.Si, IPM; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SMART FERTIGASI: SISTEM KENDALI OTOMATIS PEMUPUKAN DAN IRIGASI BUDIDAYA TANAMAN SAWI HIJAU DI LAHAN PASIR BERBASIS INTERNET OF THINGS


Pemanfaatan lahan marginal seperti lahan pasir kini mulai dikembangkan. Bertani di lahan berpasir, memiliki kendala besar dalam hal pemupukan dan irigasi. Pemberian pupuk dan irigasi selalu tidak optimal di lahan pasir, karena jenis tanah yang sulit untuk menahan atau cenderung lepas ke bawah permukaan tanah dan nutrisi yang diberikan tidak terserap tanaman.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air irigasi dan pemupukan di lahan berpasir menggunakan sistem smart fertigasi berbasis IoT. Pemupukan tanaman dilakukan dengan variasi: 0 kali, 2 kali, dan 3 kali dalam seminggu. Penyiraman dilakukan berdasarkan kebutuhan air tanaman melalui drip irrigation menggunakan sistem Internet of Things (IoT) berdasarkan perolehan data kelembaban tanah dan kondisi waktu yang terprogram.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa telah berhasil menciptakan sistem kendali automatis pemupukan dan irigasi melalui aplikasi blynk secara real time yang dapat digunakan pada smart phone. Sistem smart fertigasi menggunakan beberapa sensor diantaranya sensor soil moisture, DHT-11, dan RTC DS3231. Kalibrasi sensor soil moisture dengan menggunakan metode gravimetri didapatkan R2 = 0,9481. Kalibrasi sensor suhu udara dengan alat hygrometer didapatkan R2 = 0,9963 dan kalibrasi sensor kelembaban udara didapatkan R2 = 0,973. Kalibrasi waktu operasional pemberian fertigasi pada pipa 2 dan 3 didapatkan hasil waktu selama 102 detik, sedangkan pada pipa 3 didapatkan hasil waktu selama 90 detik.

LOADING LIST...
adebagussusilo482@gmail.com
082286111404
NONE
Text
INSTIPER
2018
YOGYAKRTA
LOADING LIST...