Andi Kismawanto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BENTUK DAN DOSIS PUPUK KANDANG KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI MAIN NURSERY PADA TANAH PASIR PANTAI


Tujuan penelitian untuk mengkaji respon pertumbuhan tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq). DXP Simalungun dengan memberikan aplikasi pupuk kandang kambing dan pupuk organik cair (POC). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tegalturi, Rt/Rw 012/04, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karakter daerah dengan ketinggian tempat 94 mdpl waktu penelitian dilaksanakan pada Februari sampai Juni 2021. Penelitian menggunakan metode Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design), yang terdiri dari dua faktor. Petak utama adalah pupuk kandang kambing (kompos) yang terdiri dari 3 aras yaitu dengan dosis 0g (M0), dosis 200g (M1), dan dosis 300g (M2). Anak petak yang terdiri dari 3 aras yaitu pupuk organik cair (POC) dosis 0ml (C0), dosis 200ml (C1), dosis 300ml (C2) untuk Dosis pupuk organik cair 200ml dicampurkan dengan air sebanyak 10 liter dan 300ml dicampurkan dengan 15 liter air, lalu diaplikasikan sesuai takaran perlakuan yaitu 0ml, 200ml dan 300ml.
Analisis data menggunakan Anova dan DMRT. Parameter yang diamati antara lain: tinggi tanaman, jumlah pelepah, luas daun, berat segar bibit, berat kering bibit, berat segar akar, berat kering akar, panjang akar, pH, volume akar. Hasilnya tidak ada perbedaan nyata pada berata kering bibit dan terjadi interaksi nyata pada parameter pH.
Kata kunci: kelapa sawit, dosis pupuk padat, dosis pupuk organik cair, klorofil.
LOADING LIST...
andikismawanto1@gmail.com
Andi Kismawanto - Personal Name
Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc. - Personal Name
Dian Pratama Putra, SP.,M.Sc - Personal Name
085641619506
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...