Ir. Sri Manu Rochmiyati, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Curah Hujan dan Janjang Kosong terhadap Produktivitas Tanaman Kelapa sawit di Areal Perkebunan Kelapa Sawit PT. Kencana Amal Tani II Kecamatan Siberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh curah hujan dan aplikasi janjang kosong terhadap produktivitas tanaman kelapa sawit telah dilakukan di Divisi IV PT. Kencana Amal Tani 2, Kecamatan Siberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dari bulan Juli sampai September 2021.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei untuk menentukan lahan yang diaplikasi dengan pupuk anorganik dan lahan yang diaplikasi dengan janjang kosong, dan mengumpulkan data primer yang terdiri dari pengukuran karakter agronomi (tinggi tanaman, jumlah pelepah, lebar kanopi, tebal petiole, panjang pelepah, jumlah bunga betina dan jantan), dan data sekunder yang terdiri dari : data curah hujan, data produksi bulanan, dan data aplikasi janjang kosong dari tahun 2017 – 2022. Data dianalisis dengan metode analisis korelasi. Apabila terdapat hubungan antara curah hujan dan produksi tandan buah segar (TBS) tersebut, maka digunakan analisis regresi. Uji T digunakan untuk mengetahui pengaruh aplikasi janjang kosong dan pupuk aorganik terhadap produktivitas tanaman kelapa sawit.
Hasil analisis menunjukkan bahwa curah hujan memberikan pengaruh terbesar terhadap produktivitas kelapa sawit pada selang waktu 24 bulan (Lag- 24) yaitu sebesar 82 %. Aplikasi janjang kosong memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan aplikasi pupuk anorganik yang dapat mempengaruhi Yield kelapa sawit sebesar 98 %.Produktivitas kelapa sawit pada blok lahan yang diaplikasi janjang kosong menunjukkan stabilitas yang dinamis dan setiap tahun meningkat. Karakter agronomi pada lahan yang diaplikasi dengan janjang kosong lebih tinggi dibandingkan dengan lahan yang diaplikasi dengan pupuk anorganik. Produksi kelapa sawit di lahan yang diteliti masih di bawah potensi produksinya sesuai dengan kelas lahan S2 dan umur tanaman.
LOADING LIST...
tidarokta@gmail.com
0895414431725
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...