Ir. Ni Made Titiaryani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Takaran Pupuk Kandang sapi Dan pupuk Kascing Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (vigna unguiculata sesquipedalis)


Penelitian ini bertujun Untuk mengetahui takaran pupuk kandang sapi dan pupuk kascing yang tepat sehingga pertumbuhan dan hasil kacang panjang meningkat.
Penelitian dilaksanakan di kebun Pendidikan dan penelitian (KP2) INSTIPER Yogyakarta yang terletak di Desa Wedomartani, Kecamatan ngemplak, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta. Penelitian menggunakan percobaan lapangan menggunakan rancangan percobaan faktor tunggal terdiri dari 5 aras dengan 3 ulangan dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan tersebut terdiri dari yaitu perbandingan tanah dengan takaran pupuk kandang sapi dan pupuk kascing. D0 = Tanah, D1 = Tanah : Pupuk Kandang sapi (1:1), D2 = Tanah : Pupuk Kandang sapi (1:2 ), D3 = Tanah : Pupuk Kascing (1:1), D4= Tanah : Pupuk Kascing (1:2). Dari setiap ulangan terdiri dari 5 tanaman yang diamati 3 tanaman sebagai tanaman sampel.Jumlah tanaman yang dibutuhkan adalah: 5 perlakuan X 3 ulangan X 5 tanaman = 75 tanaman. Data hasil penelitian di analisa dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5% . Bila ada pengaruh nyata dilanjutkan dengan DMRT 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan takaran pupuk kandang sapi dan pupuk kascing dapat meningkatkan parameter pertumbuhan (tinggi tanaman, berat segar tanaman, berat kering tanaman,) dan hasil tanaman kacang panjang (jumlah bunga, jumlah buah pertanaman, panjang buah dan berat buah pertanaman )

Kata Kunci :Pupuk kandang sapi, pupuk kascing, kacang panjang.

LOADING LIST...
rezaandrian923@gmail.com
Ir. Ni Made Titiaryani, MP - Personal Name
Reza Andrian - Personal Name
Dr. Ir. setyastuti Purwanti S. (P) - Personal Name
082277186586
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...