Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK KONSERVASI TANAH DENGAN PEMBUATAN RORAK DI PERKEBUNAN KOPI


Pengolahan lahan berlereng tanpa menerapkan teknik konservasi tanah menyebabkan aliran permukaan mengalir tanpa adannya penghalang, hal tersebut dapat menimbulkan pencucian unsur hara pada lapisan top soil. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbedaan lahan dengan perlakuan rorak dan tanpa rorak terhadap sifat fisik dan kimia tanah.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan pengolahan data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan adalah data analisis sifat fisik dan kimia tanah. Data sekunder yang digunakan yaitu data kajian studi literatur dan data iklim wilayah penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan sifat fisik tanah pada tiap perlakuan, berat jenis tanah pada perlakuan tanpa rorak lebih tinggi 0,02 g/cm3 daripada perlakuan rorak, berat volume tanah pada perlakuan tanpa rorak lebih tinggi 0,34 g/cm3 daripada perlakuan rorak, porositas pada perlakuan rorak lebih tinggi 26 % dibandingkan tanpa rorak dan kadar lengas maksimum perlakuan rorak lebih tinggi 14,19 % dibandingkan tanpa rorak.
Hasil penelitian terhadap sifat kimia tanah menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sifat kimia pada tiap perlakuan. Sifat kimia tanah pada perlakuan rorak memiliki kadar Nitrogen, Phospor, Kalium dan C-organic lebih tinggi sebesar 0,50 % (Nitrogen), 7,33 ppm (Phospor), 0,42 me/100 g (Kalium), 4,1 % (C-organik) dibandingkan pada perlakuan tanpa rorak sebesar 0,16 % (Nitrogen), 7,18 ppm (Phospor), 0,24 me/100 g (Kalium), 2,3 % (C-Organik), sehingga jika dilihat dari segi kesuburan tanahnnya perlakuan rorak dinilai lebih subur dibandingkan tanpa perlakuan rorak.
LOADING LIST...
afrizalpyg2018@gmail.com
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP - Personal Name
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng - Personal Name
Asrizal - Personal Name
085664386279
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...