AHMAD ADIANSYAH HARAHAP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian ini dilaksanakan di Tojai Kelurahan Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara pada ketinggian tempat 410 meter di atas permukaan laut. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga Juli 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara macam dan dosis pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit, mengetahui macam pupuk organik terbaik bagi pertumbuhan bibit, dan mengetahui dosis pupuk organik yang terbaik bagi pertumbuhan bibit.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang terdiri dari 2 faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completed Randomized Design (CRD) dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah macam pupuk organik yang terdiri dari 3 aras yaitu kotoran ayam, arang sekam, dan bekatul. Faktor kedua adalah dosis pupuk organik yang terdiri dari 0 g, 50 g, 100 g, 150 g, 200 g. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 3x 5 = 15 kombinasi perlakuan, setiap kombinasi diulangan 3x sehingga diperoleh 15 x 3 = 45 ulangan, setiap ulangan terdiri dari 2 tanaman sampel sehingga diperlukan diperoleh 45 x 2 = 90 tanaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan analysis of varience. Apabila terdapat pengaruh nyata dilanjutkan dengan uji DMRT Untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan, maka diuji dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT).
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi yang nyata antara perlakuan macam dan dosis pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk organik ayam memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian dosis pupuk organik memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap semua parameter tanaman.
Kata Kunci : bibit kelapa sawit pre nursery, macam pupuk organik, dosis pupuk organik

LOADING LIST...
ahmadadiansyahhrp@gmai.com
082275587439
NONE
Text
INSTIPER
2022
LOADING LIST...