Ir. Priyambada, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PENGARUH VARIASI PEMANASAN TERHADAP WAKTU PENYANGRAIAN BIJI KOPI BERAS (GREEN BEAN) ROBUSTA TEMANGGUNG


Kopi Robusta menempati tanaman kopi terbanyak di Indonesia. Untuk memperoleh hasil akhir dari biji kopi dibutuhkan pengolahan kopi. Penyangraian dan penggilingan biji kopi merupakan proses tahap awal di dalam pengolahan sekunder kopi. Proses penyangraian didefinisikan pemanasan terhadap biji kopi yang bertujuan membentuk citarasa, aroma dan fisik biji kopi. Proses penggilingan merupakan proses pengahalusan biji kopi menjadi sebuah produk bubuk kopi yang bertujuan mempermudah penyeduhan kopi untuk dikonsumi.
Dalam penelitian dilakukan pengolahan data proses penyangraian pada setiap perlakuan panas biji kopi yang bervariasi dan juga proses penggilingan yang bertujuan memperoleh hasil Prestasi Kerja (KA), Rendemen, dan Biaya Operasi. Dalam proses penyangaraian akan dilakukan pengambilan data dari 3 perlakuan yaitu bukaan gas 1/2, bukaan gas 3/4, dan bukaan gas 1 atau penuh, dengan indikator berhentinya penyangraian biji kopi setelah terbentuknya senyawa volatil yaitu aroma khas kopi dan berubahnya warna kopi menjadi hitam berminyak. Dari masing- masing perlakuan ada 3 pengulangan dengan berat yaitu 1 kg biji kopi beras, maka penyangraian dilakukan 9 kali pengulangan dengan total bahan yaitu 9 kg biji kopi beras. Dan diteruskan proses penggilingan dengan 3 kali pengulangan.
Penyangraian biji kopi dengan perlakuan panas yang bervariasi sangat berpengaruh pada lamanya waktu penyangraian, hasil Prestasi Kerja (KA), Rendemen dan Biaya Operasi. Hasil rendemen tertinggi pada proses penyangraian diperoleh bukaan gas 3/4 yaitu 83,77% dan rendemen proses penggilingan yaitu 90%. Hasil biaya operasi terendah pada proses penyangraian diperoleh bukaan gas 3/4 yaitu 5.319 Rp/kg dan biaya operasi pengilingan yaitu 3.862 Rp/kg. Dan hasil biaya produksi dari pengolahan sekunder kopi pada perlakuan bukaan gas 1 (penuh) yaitu 35.596 Rp/kg, bukaan gas 3/4 yaitu 34.181 Rp/kg, dan bukaan gas 1/2 yaitu 40.310 Rp/kg

LOADING LIST...
759salmanfariz@gmail.com
Ir. Priyambada, MP (P) - Personal Name
SALMAN FARIZ - Personal Name
IR. EKA SUHARTANTO, MS.i - Personal Name
082269994500
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...