Ryan Firman Syah, SP., M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS PEMBENAH TANAH PADA TANAH PODZOLIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (BRASICA CHINENSES)


INTISARI
Penelitian dengan tujuan untuk megetahui pengaruh macam dan dosis pembenah tanah terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy telah dilakukan di Desa Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada bulan Juli-September 2021
Penelitian ini dilakukan dengan metode Rancangan Acak Lengkap yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama yaitu macam pembenah tanah (daun Mucuna, abu boiler, dan abu tankos) dan faktor kedua yaitu dosis pembenah tanah (20%,25%,33%,dan 50%volume). Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam, dan perlakuan yang berpengaruh nyata diuji lanjut dengan DMRT pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi nyata antara pembenah tanah dan dosis pembenah tanah pada semua parameter pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy. Pemberian pupuk hijau dosis 50% volume (perbandingan tanah dan pupuk hijau 1:1) memberikan pengaruh terbaik, sedangkan pemberian abu tankos dan abu boiler pada hampir semua dosis aplikasi memberikan pengaruh yang lebih rendah terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy.

Kata Kunci : Pembenah tanah, dosis pembenah tanah, pakcoy

LOADING LIST...
afifafif549@gmail.com
081215883507
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...