ADE TRIA RAMADANI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN DOSIS DAN APLIKASI PEMUPUKAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG PANJANG (Vigna Sinensis L)


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi antara pemberian macam dosis pupuk NPK dengan Cara Aplikasi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman Kacang Panjang. Untuk mengetahui dosis pupuk NPK dan Cara Aplikasi yang terbaik untuk pertumbuhan tanamanKacang Panjang. Penelitian telah dilakukan pada bulan Juli sampai bulan Oktober 2021 didi KP 2 INSTIPERKecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Peneltian ini merupakan percobaan faktorial yang terdiri dari dua faktor dan disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan ulangan 3 kali. Faktor pertama adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari empat aras pemberian pupuk NPK. yaitu, kontrol, 5 g/tanaman, 10 g/tranaman, dan 15 g/tanaman. Faktor yang kedua adalah cara aplikasi pupuk NPK terdiri dari dua aras yaitu ditabur dan dilarutkan. Data hasil penelitian aplikasi dosis pupukNPK dan Cara Aplikasiterhadap pertumbuhan tanaman Kacang Panjang dianalisis menggunakan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan menggunakan Duncans Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk NPK dengan dosis 10gr dan 15gr memberikan pertumbuhan dan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian dosis 5g, dan 0g (Kontrol), Cara aplikasi pemupukan dengan cara dilarutkan dan ditabur memberikan pengaruh yang sama dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kacang panjang (Vigna sinensis L)


Kata kunci: Pupuk NPK, Cara Aplikasi, Kacang Panjang

LOADING LIST...
Adetria99@yahoo.com
085771173742
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...