Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L) terhadap komposisi media tanam dan dosis pupuk NPK. Penelitian ini dilaksanakan di di KP2 Institut Pertanian Stiper yang terletak Kali Kuning Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan Februari sampai bulan Mei 2021.
Penelitian menggunakan metode percobaan faktorial 4 x 3 yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 ulangan . Faktor pertama adalah komposisi media tanam terdiri dari 4 aras yaitu : M0 = 1 tanah regosol : 1 kompos : 1 Arang Sekam /polybag (kontrol), M1 = 1 tanah regosol : 2 kompos : 2 arang sekam /polybag, M2 = 2 tanah regosol : 2 kompos : 1 arang sekam /polybag dan M3 = 2 tanah regosol : 1 kompos : 2 arang sekam /polybag. Sedangkan faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 3 aras yaitu; D1 = 3 g/polybag, D2 = 4,5 g/polybag dan D3 = 6 g/polybag.
Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat berpengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah terjadi interaksi antara komposisi media tanam dan dosis pupuk NPK terhadap parameter berat kering akar. Kombinasi yang terbaik yaitu 2 tanah regosol : 2 kompos : 1 arang sekam dan dosis pupuk NPK 4,5 g/tanaman- Komposisi media tanam 2 tanah regosol : 2 kompos : 1 arang sekam meningkatkan pertumbuhan tanaman yaitu tinggi tanaman, diameter batang, berat segar akar, berat kering akar, berat segar daun, berat kering daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk dan hasil tanaman yaitu jumlah bunga, waktu berbunga, jumlah buah, waktu berbuah, berat buah, berat kering buah. Pemberian pupuk NPK sebanyak 3g/tanaman dan 4,5 g/tanaman meningkatkan hasil tanaman yaitu waktu berbunga, waktu berbuah dan berat kering tajuk.

LOADING LIST...
abdulrahimm209@gmail.com
081290757487
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...