Dr. Ir. Setyastuti, M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TAKARAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA MERAH PADA MEDIA TOPSOIL DAN SUBSOIL


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh takaran pupuk kandang ayam yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil selada merah pada media topsoil. dan subsoil.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021 dikebun kp2 Instiper Maguwoharjo, Depok, Sleman.
Penelitian ini menggunakan percobaan lapangan dengan rancangan 4 x 2 faktorial yang di susun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL/CRD) dengan ulangan 3 kali ,Faktor tersebut adalah faktor pertama adalah pupuk kandang ayam yang terdiri dari 4 aras. Perlakuan pertama yaitu Tanah ( tanpa pupuk kandang)Tanah + pupuk kandang ayam (1:1),Tanah + pupuk kandang ayam (1:2), Tanah + pupuk kandang ayam (1:3), faktor kedua adalah media tanam yang terdiri dari 2 aras yaitu M1 = media topsoil M2= media subsoil .Hasil pengamatan diuji dengan menggunakan sidik ragam dengan jenjang nyata 5%. Jika terdapat perbedaan nyata pada setiap perlakuan dilakukan uji lanjut jarak berganda ( Duncan Multiple Range Test/ DMRT) dengan tingkat kepercayaan 5%.
Hasil analisi sidik ragam menunjukkan bahwa perlakuan pupuk kandang ayam 1:3 dan media tanah topsoil memberikan pertumbuhan dan hasil tanaman Selada merah yang terbaik untuk tinggi tanaman,luas daun,Panjang akar,jumlah daun,berat segar akar.

LOADING LIST...
destiagitavina@gmail.com
Dr. Ir. Setyastuti, M.Sc. - Personal Name
VINA DESTI AGITA - Personal Name
Ryan Fimansyah, S.P., M.Si. - Personal Name
081368610710
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...