Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP. (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGOMPOSAN BEBERAPA MACAM HASIL SAMPING PERKEBUNAN SAWIT (Tankos, Pelepah dan Daun) DENGAN BERBAGAI DEKOMPOSER


INTISARI

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengomposan beberapa macam hasil samping perkebunan sawit (tankos, pelepah dan daun) dengan berbagai dekomposer di PTPN 3 KEBUN SEI BARUHUR yang terletak di AFD 6, Kecamatan Cikampak, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara. Pada ketinggian tempat 700 m.dpl. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2021.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor pertama adalah bahan kompos yang terdiri dari 3 aras yaitu tankos, tankos + pelepah dan tankos + pelepah + daun. Faktor yang kedua adalah bahan dekomposer yang terdiri dari 3 aras yaitu Trichoderma sp, EM4 dan MOL. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 9 kombinasi perlakuan, setiap perlakuan dengan 3 ulangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT 5%. Parameter yang diamati antara lain nilai C/N ratio, penyusutan berat kompos, warna, bau, nilai pH, suhu dan keremahan.
Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi nyata antara macam bahan kompos dan macam dekomposer terhadap persentase penyusutan berat, warna dan suhu kompos. Aplikasi dekomposer Trichoderma sp dengan dosis 30 gram/6 kg bahan kompos memberikan pengaruh yang baik terhadap proses pengomposan.



Kata kunci : kompos, tankos, pelepah, daun, dekomposer

LOADING LIST...
esaenggiyandi86@gmail.com
081326495322
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...