Ir. Abdul Mu'in, M.P; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KOMPOSISI GULMA KEBUN KELAPA SAWIT DI TEPI SUNGAI DAN JAUH DARI SUNGAI PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT MENGHASILKAN


Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis gulma yang tumbuh pada kebun kelapa sawit ditepi sungai dan jauh dari sungai, serta untuk mengetahui bentuk-bentuk pengendaliannya, jenis gulma dominan, daur hidup dan bentuk morfologinya. Penelitian ini dilakukan di perkebunan rakyat Desa Karanganyar, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin barat, Provinsi Kalimantan Tengah.
Penelitian ini merupakan metode survei untuk mengumpulkan data dengan pengamatan langsung di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis vegetasi menggunakan metode sistematik random sampling. Dari data kerapatan, frekuensi dan berat kering setiap jenis gulma maka dapat dicari ketetapan mutlak Kerapatan Mutlak (KM), Frekuensi Mutlak (FM), Dominansi Nisbi (DN), dan Summed Dominance Ratio (SDR). Berdasarkan SDR setiap jenis gulma, maka dapat ditentukan koefisien komunitas gulma (C).
Terdapat 11 jenis gulma yang tumbuh di areal tepi sungai dan 10 jenis gulma yang tumbuh di areal jauh dari sungai, ada 8 jenis gulma yang sama-sama tumbuh di areal tepi sungai dan jauh dari sungai. Tidak terdapat jenis gulma yang tumbuh dominan di areal kebun tepi sungai dan jauh dari sungai. Keragaman komunitas gulma antara areal kebun di tepi sungai dan jauh dari sungai beragam/heterogen. Berdasarkan daur hidupnya gulma semusim dominan di areal tepi sungai, sedangkan di areal jauh dari sungai didominasi gulma tahunan. Berdasarkan morfologi gulma di areal kebun tepi sungai dan jauh dari sungai berimbang. Bentuk pengendalian di areal kebun tepi sungai yang didominasi gulma semusim menggunakan herbisida kontak berbahan aktif paraquat, sedangkan jauh dari sungai didominasi gulma tahunan menggunakan herbisida sistemik non selektif berbahan aktif glifosat.

LOADING LIST...
arisainunn@gmail,com
082149928835
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...