Ir. Ni Made Titiaryani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM VEGETASI PENUTUP TANAH TERHADAP TINGKAT KESUBURAN KIMIA TANAH PADA BERBAGAI KEDALAMAN DI KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DAN KARET (Hevea brasiliensis) DI KP-2 INSTIPER UNGGARAN


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesuburan sifat kimia tanah pada berbagai kedalaman di perkebunan kelapa sawit dan Karet. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 september – 5 Oktober 2021 dengan pengambilan sampel di KP-2 Instiper Unggaran yang terletak di bawean Jawa Tengah dan dianalisis di Laboratorium Instiper Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan survei dan data dianalisis menggunakan metode deskriptif dimana pengamatan terhadap dua jenis vegetasi yang terdiri atas dua macam yaitu, karet (K) dan kelapa sawit (S) pada kedalaman tanah yang terdiri atas 2 macam yaitu, 0-20 cm (D1) dan 20-40 cm (D2).
Hasil penelitian ini menunjukkan kadar pH tanah, nitrogen dan fosfor pada kedalaman 0-20 cm untuk vegetasi karet adalah sebesar 5,65, 0,26, dan 0,40. Sedangkan kadar pH tanah, nitrogen dan fosfor pada kedalaman 20-40 cm untuk vegetasi karet adalah sebesar 6,35, 0,22, dan 0,032. Kadar pH tanah, nitrogen dan fosfor pada kedalaman 0-20 cm untuk vegetasi kelapa sawit adalah sebesar 5,90, 0,26, dan 0,66. Kadar pH tanah, nitrogen dan fosfor pada vegetasi karet sudah memenuhi standar atau kadar tersebut sudah ideal. Pada vegetasi kelapa sawit hanya kadar nitrogen dan fosfor sudah memenuhi standar atau kadar tersebut sudah ideal, namun kadar pH tanah belum memenuhi standar atau kadar tersebut belum ideal.
Kata kunci : Legume cover crop, Mucuna bracteata dan kedalaman yang berbeda.
LOADING LIST...
rizkysiregar430@gmail.com
Ir. Ni Made Titiaryani, MP - Personal Name
Ir. Enny Rahayu, MP (P) - Personal Name
Muhammad Rizki Siregar - Personal Name
085849107108
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...