Dr. DIMAS DEWORO PURUHITO, S.P., M.P.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

((scan pengesahan, fulltext, cover-abstrak)))KAJIAN USAHA TANI PERKEBUNAN KOPI RAKYAT VARIETAS ARABIKA DI KECAMATAN SIBORONG-BORONG TAPANULI UTARA


Kopi merupakan Komoditas perkebunan yang memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Komoditas ini diperkirakan menjadi sumber pendapatan utama kurang dari 1,84 juta keluarga yang sebagian besar mendiami kawasan pedesaan di wilayah terpencil. Selain itu kurang lebih 1 juta keluarga mengandalkan pendapatannya dari industry hilir dan perdagangan kopi. Negara Indonesia merupakan negara produsen kopi keempat terbesar dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Colombia. Dari total produksi, sekitar 67% kopi di ekspor sedangkan sisahnya (33%) untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Tingkat konsumsi kopi dalam negeri berdasarkan hasil survey LEPM UI 1989 adalah sebesar 500 gram/kapita/tahun. (AEKI, 2015)
Usahatani adalah kegiatan di bidang pertanian untuk memanfaatkan sumber-sumber alam dalam kegiatan produksi pertanian sehingga memberikan manfaatt bagi sebagian besar masyarakat. Tujuan utama usahatani adalah memperoleh keuntungan yang sebersar-besarnya, oleh karena itu usahatani yang baik adalah usahatani produktif dan efisien.
Sektor pertanian dan perkebunan bagi daerah Kabupaten Tapanuli Utara sampai saat ini masih merupakan tulang punggung perekonomian daerah. Sebagai penghasil nilai tambah dan devisa maupun sumber penghasilan atau penyedia lapangan pekerjaan sebagian besar penduduk. Perkebunan kopi di kecamatan Siborongborong sangat berpotensi untuk dikembangkan karena kondisi lahan dan iklim yang sangat sesuai degan syarat tumbuh dan berkembangnya tanaman kopi terutama kopi Arabika. Produksi terbesar diantara tanaman perkebunan yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara adalah kopi yakni sebesar 11.199,28 Ton dengan luas areal 15.375,25 Ha. Khususnya untuk kopi jenis Arabika yakni sebesar 10.573,34 Ton dan produktivitasnya 1.064,52 Kg/Ha dengan luas areal 13.980,50 Ha.
LOADING LIST...
rantosiahaan2015@gmail.com
081269111436
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...