Khairul Fahrizal Rizki; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PERBEDAAN PRODUKTIVITAS TANAMAN KELAPA SAWIT PADA LAHAN DATAR, MIRING DAN BASAH


Kesesuian lahan sangat perlu diperhatikan dalam berbudidaya agar bisa mendapatkan hasil yang optimal khususnya pada tanaman kelapa sawit, walaupun kelapa sawit dapat tumbuh pada keadaan lahan yang ada, tetapi setiap tanaman memiliki karakter yang membutuhkan persyaratan yang berbeda. Sebagai tanaman yang dibudidayakan, tanaman kelapa sawit memerlukan kondisi lingkungan yang baik atau cocok, agar mampu tumbuh subur dan dapat berproduksi secara maksimal. Pada topografi lahan datar produktivitas dn pertumbuhan kelapa sawit umumnya lebih baik dibanding pada lahan berbukit. Pada lahan datar kemungkinan terjadinya erosi sangat kecil sehingga kehilangan pupuk atau unsur hara yang disebabkan erosi dapat dihindari. Pada lahan yang bertofografi miring atau berbukit, perlu dibuat teras bersambung (Continous terraces) maupun teras individu (tapak kuda, platform) yang dapat mengurangi bahaya erosi, sekaligus juga dapat mengawetkan tanah sehingga mampu menyimpan air dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas tanaman kelapa sawit di lahan datar, lahan miring, dan lahan basah. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan produktivitas tanaman kelapa sawit di lahan datar, miring dan basah.
Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bakrie Sumatera Plantation yang terletak di Desa Tinggi Raja, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode survei tanaman kelapa sawit untuk mengumpulkan data dengan pengamatan langsung di lapangan pada jenis topografi yang berbeda. Data primer hasil pengamatan parameter karakter agronomi dan data produksi dianalisis dengan menggunakan Uji T pada taraf jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas tanaman kelapa sawit pada lahan datar sebesar 12,82 ton/ ha, produktivitas tanaman kelapa sawit pada lahan miring sebesar 14,24 ton/ha, sedangkan produktivitas tanaman kelapa sawit pada lahan basah sebesar 13,83 ton/ha. Produktivitas tanaman kelapa sawit pada lahan datar miring,dan basah tidak berbeda nyata.Sedangkan pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman kelapa sawit pada lahan datar, miring dan basah terdapat beda nyata pada tinggi tanaman dan diameter batang.

LOADING LIST...
fahrizalrizky08@gmail.com
081375244952
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...