Ir. W. Dyah Ully Parwati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM PUPUK ORGANIK CAIR DAN KONSENTRASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PANEN TANAMAN SELADA


Selada merupakan sayuran yang popular karena memiliki warna, tekstur serta aroma yang menyegarkan tampilan makanan. Pupuk organik dapat memperbaiki struktur tanah, selain berfungsi sebagai pemberi unsur hara, pupuk organik juga mempunyai keunggulan sebagai penambah bahan organik. Pupuk organik memiliki dua bentuk yaitu berbentuk padat dan cair antara lain pupuk organik cair bonggol pisang dan keong.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam pupuk organik cair dan konsentrasi terhadap pertumbuhan dan hasil panen tanaman selada. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2021 yang terletak di kebun KP2 INSTIER, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Penelitian menggunakan metode percobaan dengan pola factorial terdiri dari 2 faktor yang disusun dengan rancangan acak lengkap ( RAL). Faktor 1 macam pupuk yaitu pupuk organik cair bonggol pisang dan pupuk organik cair keong mas. Faktor ke 2 konsentrasi pupuk yaitu 0%, 10%, 20%, dan 30%. Dari kedua faktor diperoleh 2 x 4 = 8 kombinasi perlakuan. Masing-masing kombinasi perlakuan diulang 3 kali sehingga diperoleh 3 x 8 = 24 satuan percobaan, ( polybag ). Jumlah tanaman yang dibutuhkan pada satu sampel ada 3 tanaman jadi 24 x 3 = 72 tanaman.
Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam ( Analysis of varience ) pada jenjang 5%, apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan ( Duncan Multiple Range Test ) pada jenang 5% untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak diperoleh kombinasi yang baik antara macam pupuk organik dan konsentrasi terhadap pertumbuhan dan hasil panen tanaman selada, macam pupuk organik cair tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman, tetapi untuk pertumbuhan akar dan jumlah daun pupuk organik cair keong lebih baik dibandingkan bonggol pisang, konsentrasi 30% memberikan pertumbuhan yang baik bagi tanaman selada dan baik macam pupuk maupun konsentrasi tidak berpengaruh terhadap daun yang layak konsumsi.

Kata Kunci : Macam pupuk; Konsentrasi; Selada

LOADING LIST...
melaniesianatediel06@gmail.com
082223400206
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...