Ir. Listiyani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI KASUS PERAN KELOMPOK TANI "PANGESTU TANI" DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI DESA GUNUNG INTAN KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA KALIMANTAN TIMUR


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan pengaruh kelompok tani dalam meningkatkan pendapatan. Pengelitian ini dilaksanakan di Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penelitian ini dilaksanakan dalam jangka satu bulan.
Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, deskriptif, partisipatif dengan menceritakan sebenarnya dan dianggap akurat lalu dituangkan oleh penulis dalam laporan penelitian. Dengan menggunakan sampel metode sensus seluruh anggota kelompok tani sebagai bahan sampel. Dengan cara memberikan gambaran dan menginterpetasikan data-data yang sudah terkumpul. Dalam analisis data peneliti mencari dan menyusun data secara sistematis dengan hasil dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Lalu menyusun dengan cara memilah milah mana saja yang penting dan menjabarkan kedalam laporan. Analisis mengklasifikasikan data berdasarkan kecocokan data yang akan diuraikan lalu memperoleh gambaran yang utuh dari permasalahan yang diteliti.
Kesimpulan dari hasil penelitian anggota kelompok tani sudah memenuhi indikator kesejahteraan, Kegiatan kelompok tani dalam meningkatkan pendapatan meliputi : menyelengarakan pelatihan, menyelengarakan penyuluhan dan simpan pinjam. Kelompok tani berperan meningkatkan pendapatan petani dengan kenaikan sebesar 17%.

LOADING LIST...
cahyosatrio98@gmail.com
Ir. Listiyani, MP - Personal Name
Dr.Ir.Danang Manumono, MS (p) - Personal Name
Satrio cahyo sumirat - Personal Name
081348451212
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...