Dr. Ir. HERMANTORO, MS. IPM; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA PENGARUH CURAH HUJAN DAN HARI HUJAN TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT


ANALISA PENGARUH CURAH HUJAN TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT
Dian Aditia Pribadi1, Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, M.P2, Dr. Ir. Hermantoro, M.S.3
1 Mahasiswa Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Instiper Yogyakarta, 55282, Indonesia
2 DosenTeknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Instiper Yogyakarta, 55282, Indonesia
E-mail:dian.aditia22@gmailcom
INTISARI
Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan tanaman perkebunan penghasil minyak makanan, minyak industri, maupun bahan bakar nabati (biodiesel). Curah hujan merupakan salah satu syarat tumbuh kelapa sawit , curah hujan bulananan kurang dari 100 mm di klasifikasikan bulan kering, curah hujan kurang 100-200 mm di klasifikasikan sebagai bulan basah, dan curah hujan di atas 200 mm dalam satu bulan di klasifikasikan sebagai bulan basah.
Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan dapat mengetahui pengaruh curah hujan dan hari hujan terhadap produksi kelapa sawit. Penelitian ini menggunaka analisis data , grafik dan pengujian asumsi klasik menggunakan aplikasi SPSS dan uji regresi berganda menggunakan aplikasi excel.
Pola sebaran curah hujan di Kalimantan Tengah memiliki dua puncak curah hujan yang terjadi dalam satu tahun yang di sebut pola hujan ekuatorial, yang di sebabkan daerah Kalimantan Tengah di lewati garis Equator dan di sebabkan oleh pertemuan dua massa udara (angin) dari arah yang berbeda. Bulan basah terjadi pada bulan Januari, februari, Maret, April, Oktober, November, dan Desember, dengan curah hujan di atas 200 mm dalam satu bulan . Bulan kering terjadi pada bulan Juli dan Agustus dengan curah hujan pada bulan Juli yaitu 82.2 mm dan pad bulan Agustus 71.76 mm dalam satu bulan. Umur tanaman berpengaruh terhadap produksi dengan mengalami peningkatan pada tiap pertambahanmulai dari umur 5 tahun hingga umur 16 tahun.

Kata kunci: curah hujan,pola hujan, kebutuhan air


LOADING LIST...
dian.aditia22@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...