Ir. Enny Rahayu, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Frekuensi Penyiraman terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan frekuensi penyiraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan tanaman selada. Penelitian dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021.
Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah komposisi media tanam / Bioslurry dan frekuensi penyiraman. Faktor pertama terdiri dari 4 aras yaitu : control, 1:1, 2:1, dan 3:1 antara tanah regusol dan bioslurry. Kemudian faktor kedua adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu : penyiraman 1 hari 2x, 1 hari 1x, dan 2 hari 1x. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing - masing perlakuan dilakukan 5 kali ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 12 x 5 = 60 bibit. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi nyata antara perlakuan komposisi media tanam dan frekuensi penyiraman pada parameter berat basah tanaman dan berat kering tanaman. Perlakuan komposisi media tanam bioslurry memberikan pengaruh yang sama terhadap semua parameter. Perlakuan frekuensi penyiraman memberikan pengaruh yang sama terhadap semua parameter pertumbuhan .

Kata kunci : Selada, Bioslurry, Frekuensi Penyiraman.

LOADING LIST...
ilhamrestuaji507@gmail.com
Ir. Enny Rahayu, MP (P) - Personal Name
Ilham Restu Aji - Personal Name
Tantri Swandari, S.Si,.M.SC - Personal Name
0895418160307
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...