Dr. Dimas Deworo Puruhito, SP, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Peranan Tenaga Kerja Wanita di Pabrik Teh PTPN IV Unit Tobasari Terhadap Pendapatan Rumah Tangga (Studi Kasus di Pabrik Teh PTPN IV Unit Tobasari)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar curahan waktu kerja tenaga kerja wanita di Pabrik Teh PTPN IV Unit Tobasari dan mengetahui seberapa besar sumbangan pendapatan tenaga kerja wanita dalam rumah tangga. Penelitian ini dilakukan di Pabrik Teh PTPN IV Unit Tobasari yang dilaksanakan pada bulan 15 Maret 2021 sampai 15 April 2021. Responden penelitian ini adalah tenaga kerja wanita yang berjumlah 30 orang dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah cara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Melalui data deskriptif, peneliti mampu mengidentifikasi mengapa, apa dan bagaimana fenomena sosial terjadi, dan untuk menjelaskan seberapa besar curahan waktu tenaga kerja wanita yang bekerja di Pabrik Teh PTPN IV Unit Tobasari dan seberapa besar sumbangan pendapatan tenaga kerja wanita dalam rumah tangga dilakukan dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besar curahan waktu tenaga kerja wanita yang dihabiskan untuk bekerja adalah 318.5 jam/hari dengan rata – rata 11 jam/hari, maka dalam sebulan tenaga kerja wanita meluangkan waktunya untuk bekerja sebanyak 330 jam/hari, besar sumbangan pendapatan tenaga kerja wanita dalam rumah tangga adalah sebesar Rp. 107.545.976,- dengan presentase 62.61%, secara parsial, masing – masing variabel bebas (curahan waktu kerja wanita, pendapatan wanita, dan jumlah tanggungan anngota keluarga) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kontribusi pendapatan wanita dalam rumah tangga), berdasarkan uji f ( uji simultan) variabel bebas (curahan waktu kerja, pendapatan wanita, dan jumlah tanggungan keluarga) secara serentak bersama – sama tidak mempengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kontribusi pendapatan wanita terhadap rumah tangga), berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa nilai adjusted R2 square adalah -0.048, artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 4.8%, sedangkan sisanya sebesar 95.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam analisa ini.

LOADING LIST...
novernysidabutar11@gmail.com
0813 8546 4715
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...