Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, M.Si (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH ASAL BAHAN RUAS STEK BATANG DAN AUKSIN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT Mucuna bracteata


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asal bahan ruas stek batang dan ZPT auksin organik terhadap pertumbuhan bibit Mucuna Bracteata dan mengetahui interaksi antara asal bahan ruas stek batang dan Auksin organik pada bibit mucuna bracteata. Penelitian ini dilakukan di Pembibitan Citra Asih, Jl. Sisingamangaraja, kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.
Penelitian merupakan percobaan faktorial dengan faktor pertama asal bahan ruas stek batang yang terdiri dari 2 aras yaitu ruas 2-5 dan ruas 5-8. Faktor yang kedua adalah auksin organik dengan dosis 10 ml/l, 20 ml/l, dan 40 ml/l. Percobaan dilakukan dengan rancangan acak lengkap dengan 3 ulangan. Hasil pengamatan di analisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5% dan uji DMRT untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan.
Hasil penelitian menunjukan tidak ada interaksi nyata antara asal bahan ruas stek batang dengan auksin organik terhadap pertumbuhan stek Mucuna bracteata, Auksin organik dengan konsentrasi 40 ml/l air memberi pengaruh baik terhadap pertumbuhan stek Mucuna bracteata, dan asal bahan ruas stek batang tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan stek Mucuna bracteata.

Kata kunci : Mucuna bracteata, asal bahan ruas stek batang, auksin organik

LOADING LIST...
Kadifabaharixatp1k3@gmail.com
082123850322
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...