Ir. Retni Mardu Hartati, SU. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS PUPUK HIJAU TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI PEMBIBITAN UTAMA


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam dan dosis pupuk hijau terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Main nursery dilakukan di Desa Kota Bangun III, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada bulan Maret hingga Mei 2021.
Penelitian menggunakan metode percobaan dengan Rancangan factorial yang terdiri dari atas 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD). Faktor pertama adalah macam pupuk hijau yang terdiri dari 2 aras yaitu daun tanaman Mucuna bracteata dan Lamtoro, Faktor kedua adalah dosis pupuk hijau perbibit yang terdiri dari 4 aras yaitu 0 gram, 10 gram,20 gram,30 gram dan 40 gram masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance) pada jenjang 5%. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan Uji Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak diperoleh kombinasi yang baik antara perlakuan macam dan dosis pupuk hijau terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Main nursery, macam pupuk hijau Mucuna bracteata dan lamtoro memberikan pengaruh yang sama terhadap seluruh parameter pertumbuhan bibit kelapa sawit di Main nursery, Dosis pupuk hijau 20 gram memberikan pengaruh terbaik terhadap bibit kelapa sawit di Main nursery pada parameter tinggi bibit dan berat kering tanaman.

Kata Kunci : Bibit kelapa sawit, pupuk hijau dan dosis pupuk.



LOADING LIST...
awi071299@gmail.com
082213024751
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...