Idum Satia Santi, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Efektifitas Penempatan Ferotrap Untuk Pengendalian Hama Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros) Pada Perkebunan Kelapa Sawit.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penempatan ferotrep yang efektif untuk pengendalian hama kumbang tandung (Oryctes rhinoceros) pada perkebunan kelapa sawit. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 1 Maret 2021 hingga 30 April 2021 di Kebun Sungai Kupang Estate PT. Sungai Kencana Inti Perkasa, Sangking Baru, Kotabaru, Kalimantan Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak kelompok lengkap terdiri dari 2 faktor yang disusun secara rancangan acak kelompok lengkap (Randomized Completely Blok Design). Faktor pertama jarak antar ferotrap pada blok terdiri dari 2 macam yaitu radius 20 baris dan radius 28 baris. Faktor kedua jarak peletakan ferotrap dari collection road kedalam blok terdiri dari 2 aras yaitu 10 m dari collection road dan 30 m dari collection road. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu jumlah hama oryctes rhinoceros yang terperangkap pada ferotrap dan Insensitas serangan pada tanaman.
Dari penelitian yang telah dilakukan menunujukkan bahwa peletakan ferotrap antar 20 baris dengan jarak 30 m dari collection road ke dalam blok merupakan perlakuan yang paling efektif dalam menangkap kumbang tanduk (oryctes rhinoceros).

Kata Kunci : Oryctes rhinoceros, Ferotrap, Rancangan Acak Kelompok Lengkap, Kelapa Sawit
LOADING LIST...
vescowendy@gmail.com
088232218836 (wa)
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...