Ir. Abdul Mu'in, M.P; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Pengaruh Curah Hujan Terjadap Produksi Tanaman Kelapa Sawit


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh intensitas curah hujan terhadap hasil produksi tanaman kelapa sawit di PT. Rama Jaya Pramukti, Kabupaten Kampar Hulu, Riau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2021.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis korelasi dan regresi. Analisis korelasi digunakan untuk mengetahui derajat hubungan, signifikasi sampel dan arah hubungan antara curah hujan terhadap hasil produksi kelapa sawit. Sedangkan analisis regresi digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara curah hujan terhadap hasil produksi tanaman kelapa sawit. Hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk melakukan prediksi hasil produksi TBS kelapa sawit 1 sampai 2 tahun kedepan.
Berdasarkan hasil analisis korelasi dan regresi curah hujan terhadap hasil produksi kelapa sawit selama 7 tahun terakhir dari tahun 2013-2019 dengan selang waktu perbulan. Hasil dari analisis untuk Curah Hujan di dapat nilai korelasi tertinggi pada lag 8 dan Hari Hujan di dapat nilai korelasi tertinggi pada lag 10, berarti untuk curah hujan yang paling berpengaruh terhadap produksi pada 8 bulan sebelumnya dan hari hujan pada 10 bulan sebelumnya.

Kata Kunci : Kelapa Sawit, Curah Hujan dan Hari Hujan, Defisit Air, Hasil Produksi.


LOADING LIST...
alwiibe152@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, M.P - Personal Name
Dr. Sri Gunawan, S.P., M.P (p) - Personal Name
Ibrahim Alwi Al Hadad - Personal Name
083830186207
NONE
Text
INSTPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...