ir. Tri nugraha Budi Santosa, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT DI PERKEBUNAN RAKYAT DI PROVINSI RIAU


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan yang ada dalam proses pengajuan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) sampai dengan Jumlah biaya yang akan dikeluarkan selama melakukan kegiatan PSR. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2021- 03 April 2021. Lokasi Penelitian di kecamatan Pangkalan Kuras, kabupaten Pelalawan, provinsi Riau.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan petani yang bersangkutan menggunakan kuisioner (daftar pertanyaan) yang telah dipersiapkan dan melakukan pengamatan langsung. Data sekunder diperoleh melalui pengumpulan data karakter agronomi kelapa sawit dan lembaga atau instansi terkait seperti dinas perkebunan dan BP3K serta literatur lain. Parameter yang diamati dalam penelitian ini diantaranya adalah umur dan produktivitas tanaman kelapa sawit, Rancangan Anggaran Biaya (RAB) replanting, koperasi/UMKM, data anggota koperasi/UMKM, kepemilikan lahan, dan lahan sawit.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa koperasi belum melengkapi dokumen yang menjadi syarat dan kriteria dalam melakukan pengajuan PSR. Adanya permasalahan dalam lingkup koperasi menjadi salah satu hambatan dalam melakukan tahapan awal dalam menyelenggarakan program PSR. Jumlah biaya yang dibutuhkan petani dan koperasi yang telah melakukan pengajuan PSR mulai dari Land Clearing (P0) hingga perawatan TBM III (P3) sebesar Rp.55,052,372, Tetapi bantuan yang diberikan oleh pemerintah hanya berjumlah Rp.30.000.000/ha/petani, Sehingga memiliki selisih 45,50% dari total biaya yang diperlukan


Kata kunci : Peremajaan Sawit Rakyat, KUD.

LOADING LIST...
alfarizifathur23@gmail.com
087818920098
NONE
Text
INSIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...