Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS PANCANG TANAM PADA TOPOGRAFI BERBUKIT MENGGUNAKAN METODE GIS


Penelitian Efektivitas Pancang Tanam kelapa Sawit pada Topografi Berbukit Menggunakan Metode GIS dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pancang tanam kelapa sawit metode GIS dan violle L sistem terhadap efektivitas pekerjaan, Mengetahui tingkat kesulitan yang dialami pekerja dan mengetahui efisiensi pancang tanam kelapa sawit metode GIS dan metode violle L sistem. Penelitian ini dilaksanakan di divisi 3, Rayon 2, kebun Sungai Panci Estate, desa Pulau Panci, kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan pada bulan April hingga Mei 2021.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan kuesioner. Rancangan deskriptif digunakan untuk mengukur efektivitas dan efisiensi pekerjaan dilakukan dengan 2 perlakuan yaitu, pancang tanam metode pancang violle l sistem dan metode GIS dengan ulangan berupa blok yang berbeda sebanyak 5 blok sedangkan kuesioner dilakukan guna mengukur tingkat kesulitan pekerjaan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS uji t dan kuesioner dilakukan analisis deskriptif serta skoring tingkat capaian responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pancang tanam kelapa sawit metode GIS lebih efektif dimana output rerata 153% lebih besar daripada pancang tanam kelapa sawit metode violle L sistem. Cost yang ditimbulkan dari pekerjaan pancang tanam kelapa sawit metode GIS lebih efisien 26% dibanding metode violle l sistem. Metode violle l sistem lebih sulit dan kurang akurat untuk dilakukan dibanding metode GIS.

LOADING LIST...
said.abdullah774@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P) - Personal Name
Achmad Said Abdullah - Personal Name
BE - Personal Name
082268286967
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...