Ir. Listiyani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SALURAN PEMASARAN BAHAN OLAH KARET (BOKAR) DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PROVINSI LAMPUNG


Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi saluran pemasaran bokar, Memgetahui mekanisme saluran pemasaran bokar, serta Biaya dan margin pemasaran yang ada di kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung.
Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif, Metode penelitian secara Study Kasus dengan teknik Snowball, Responden terdiri dari 32 petani, 4 pedagang atau tengkulak dan 4 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dalam pemasaran bokar di kabupaten Tulang Bawang Barat.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, terdapat tiga saluran pemasaran Bahan Olah Karet (Bokar) di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Petani – Tengkulak – pabrik pengolah karet, Petani – Gapoktan – Tengkulak – Pabrik pengolah karet, Dan Petani – Pabrik Pengolah Karet. Terdapat lebih banyak petani yang menggunakan saluran pemasaran tengkulak untuk memasarkan bokar. Mekanisme pemasaran bokar (Lump), harga di tingkat petani di tentukan oleh Tengkulak berdasarkan kebersihan bongkahan bokar dengan cari di belah.
Margin pemasaran di saluran 1 sebesar Rp.2.000,00 dengan biaya pemasaran petani Rp.0,00 dan biaya pemasaran tengkulak sebesar Rp.250,00/Kg. Sedangkan di saluran ke II, margin yang di dapatkan sebesar Rp.3.000,00/Kg dengan biaya pemasaran petani sebesar Rp.100,00/Kg,dan biaya pemasaran tengkulak sebesar Rp.250,00/Kg. Saluran ke III, petani mendapatkan harga sebesar Rp.13.500,00/Kg dengan biaya pemasaran sebesar Rp.250,00/Kg.
LOADING LIST...
Syaiful.sudarsono0707@gmailcom
Ir. Listiyani, MP - Personal Name
Dr.Ir. Danang Manumono, MS - Personal Name
SYAIFUL ISKANDAR - Personal Name
082225707678
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...