Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM SITOKININ ORGANIK DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM PUPUK KANDANG KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Mucuna bracteata


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam sitokinin organik dan komposisi media tanam pupuk kandang kambing terhadap pertumbuhan dan perkembangan Mucuna bracteata. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2019.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah komposisi media tanam (tanah regosol : pupuk kandang kambing) yang terdiri dari 3 aras yaitu : 1:1, 2:1, dan 3:1. Faktor kedua adalah macam sitokinin organik, yang terdiri dari 3 aras yaitu : kontrol, bonggol pisang, dan air kelapa. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan dilakukan 6 ulangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Tidak ada interaksi nyata antara perlakuan macam sitokinin organik dan komposisi media tanam pupuk kandang kambing terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata. Pada beberapa jenis media tanam memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata. Sitokinin organik air kelapa meningkatkan tinggi tanaman dan bonggol pisang meningkatkan jumlah bintil akar Mucuna bracteata.
LOADING LIST...
arsamgnd@gmail.com
081327272022
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...