Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS BY PRODUCT KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN MUCUNA BRACTEATA


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan Mucuna bracteata pada aplikasi macam dan dosis by product kelapa sawit sebagai pengganti pupuk kimiawi. Penelitian dilaksanakan di salah satu anak perusahaan PT. SMART. Tbk, yaitu di PT. Bumi Sawit Permai, Sungai Lematang Estate, Desa Tanjung lontar, Kec. Merapi Timur, Kab. Lahat, Sumatera Selatan. Penelitian dilakukan selama 2 bulan bersama pelaksanaan Magang OJT pada 18 Agustus 2020- 17 Juni 2021.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan yang disusun secara Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) pola faktorial. Faktor pertama macam by product kelapa sawit terdiri dari 3 macam, yaitu: kompos TKKS, fiber, solid decanter. Faktor kedua dosis by product kelapa sawit terdiri dari 4 aras yaitu : Kontrol/NPK, 200 g/polybag, 300 g/polybag, 400 g/polybag. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 3 x 4 = 12 kombinasi perlakuan. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat perbedaan secara nyata maka pengujian dilanjutkan menggunakan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi macam dan dosis by product berpengaruh terhadap pertumbuhan tajuk, perakaran dan bintil akar Mucuna bracteata. Secara keseluruhan, kombinasi terbaik untuk pertumbuhan tanaman Mucuna bracteata adalah solid decanter pada dosis 400 g / polybag. Sedangkan untuk pertumbuhan bintil akar, kombinasi yang baik adalah solid decanter dengan dosis 200 g/polybag, 300 g/polybag dan 400 g/polybag.

Kata Kunci : By product, Mucuna bracteata, TKKS, fiber, solid decaneter

LOADING LIST...
eldisamuranuzla@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...