Ir. Enny Rahayu, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PRODUK SAMPING LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT (LCPKS) TERHADAP BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi limbah cair pabrik kelapa sawit komposisi media tanam / pupuk organik kotoran sapi serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada ketinggian tempat 118 mdpl. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2020.
Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah komposisi media tanam / pupuk organik kotoran sapi dan faktor kedua adalah konsentrasi limbah cair pabrik kelapa sawit. Faktor pertama terdiri dari 4 aras yaitu : kontrol, 20% pupuk organik kotoran sapi, 40% pupuk organik kotoran sapi, 60% pupuk organik kotoran sapi. Kemudian faktor kedua adalah konsentrasi limbah cair pabrik kelapa sawit yang terdiri dari 4 aras yaitu : Kontrol, Konsentrasi 15 % LCPKS, Konsentrasi 30% LCPKS, Konsentrasi 45 % LCPKS.Dari kedua faktor tersebut diperoleh 16 kombinasi perlakuan dan masing - masing perlakuan dilakukan 3 kali ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 16 x 3 = 48 bibit. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi nyata antara perlakuan kosentrasi limbah cair pabrik kelapa sawit dan komposisi media tanam kotoran sapi terhadap semua parameter yang diamati. Perlakuan komposisi media tanam kotoran sapi memberikan pengaruh yang sama terhadap semua parameter. Perlakuan limbah cair pabrik kelapa sawit memberikan pengaruh yang sama terhadap semua parameter pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery

LOADING LIST...
yogacahspe21@gmail.com
Ir. Enny Rahayu, MP. (P) - Personal Name
Ir. Pauliz Budi Hastuti, Mp. - p - Personal Name
Yoga Prayogo - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...