Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN PANJANG STEK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN Turnera subulata


Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui interaksi antara komposisi media tanam dan panjang stek terhadap pertumbuhan dan pembungaan tanaman Turnera subulata, untuk mengetahui komposisi media tanam dan Panjang stek yang terbaik untuk pertumbuhan dan pembungaan Turnera subulata. Penelitian telah dilakukan pada bulan Juli sampai bulan Oktober 2020 di jalan Paingan Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan ketinggian tempat 118 mdpl.
Peneltian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor yaitu macam komposisi media tanam yang terdiri dari empat macam, yaitu kontrol, pupuk kompos, pupuk kambing, dan pupuk kascing. Faktor kedua terdiri dari tiga macam, yaitu panjang stek 10 cm, panjang stek 15 cm dan panjang stek 20 cm. dari kedua faktor tersebut diperoleh 4 x 3 = 12 kombinasi perlakuan, setiap kombinasi perlakuan terdapat 4 kali ulangan maka total seluruh tanaman dalam penelitian adalah 12x4=48 tanaman. Data hasil penelitian pengaruh komposisi media tanam dan Panjang stek terhadap pertumbuhan Turnera subulata dianalisis menggunakan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut menggunakan Duncans Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kompos sebagai komposisi media tanam dapat meningkatkan pertumbuhan dan pembungaan Turnera subulata. penggunaan stek dengan panjang 20 cm dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman Turnera subulata. Terdapat interaksi pada perlakuan komposisi media tanam kompos dan panjang stek 20 cm terhadap berat segar akar.

LOADING LIST...
Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P) - Personal Name
Ir. Neny Andayani, MP - Personal Name
Suri Kuswanto - Personal Name
panjang stek Trnera subulata,pupuk kompo
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...