Ir. Neny Andayani, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI PUPUK P ( GANDASIL B ) DAN PEMANGKASAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN BUNGA PUKUL DELAPAN ( Turnera subulata )


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara pengaruh konsentrasi pupuk P (Gandasil B) dan pemangkasan terhadap pertumbuhan dan pembungaan Turnera subulata. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Kali Kuning Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan November sampai Februari 2021.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan factorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor yang pertama adalah konsentrasi pemberian pupuk P (Gandsil B) yang terdiri dari D 0 (Kontrol), D1 (5 g/l), D2 (15 g/l), dan D3 (25 g/l) yang diaplikasikan setiap 2 minggu sekali. Faktor yang kedua adalah pemangkasan yang terdiri dari P 0 Kontrol (Tidak dipangkas) dan P 1 (dipangkas). Pada kedua faktor tersebut diperoleh 4 x 2 = 8 kombinasi perlakuan dan masing-masing diulang sebanyak 7 kali. Sehingga jumlah seluruh tanaman dalam penelitian 8 x 7 = 56 tanaman. Data hasil pengamatan yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode Analysis of Variance (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata antar perlakuan diuji lanjut dengan menggunakan DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi nyata antara konsentrasi pupuk P (Gandasil B) dan pemangkasan terhadap pertumbuhan dan pembungaan Turnera subulata. Pupuk P (Gandasil B) tidak berpengaruh nyata terhadap parameter pertumbuhan dan pembungaan Turnera subulata. Pemangkasan memberikan pengaruh yang nyata terhadap parameter umur berbunga dan jumlah bunga tanaman Turnera subulata. Perlakuan pemangkasan umur berbunganya lebih lama dibandingkan dengan yang tidak dipangkas dan pemangkasan jumlah bunganya lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak dipangkas.
LOADING LIST...
suditamaraiwen@gmail.com
Ir. Neny Andayani, MP (P) - Personal Name
Tantri Swandari, S.si, M.Sc (P) - Personal Name
Iwen Suditamara - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...